Seputar Wonosobo

A+ A A-

Hasil Operasi Prokes Satgas Kecamatan Kalikajar, Ketaatan Warga Capai 80 Persen

Rate this item
(0 votes)

Satgas pencegahan penanganan Covid-19 Kecamatan Kalikajar kembali bergerak dalam upaya menegakkan Protokol Kesehatan di kawasan Pringapus, Desa Maduretno, Jumat (2/10/2020). Operasi dipimpin Camat Kalikajar, Bambang Triyono beserta unsur forkompinca setempat dengan sasaran warga masyarakat pengguna jalan dan penumpang angkutan umum yang tidak mengenakan masker pelindung diri. Dari hasil kegiatan selama hampir 3 jam, Camat Bambang Triyono menyebut ada 67 warga terjaring karena tak mengenakan masker, sehingga kemudian diberikan pembinaan dan bantuan masker gratis.

"Masker ini fungsinya sangat penting ya bu, untuk melindungi diri sendiri, sekaligus melindungi orang lain agar tidak tertular virus Corona," tutur Bambang kepada salah satu perempuan paruh baya yang kedapatan tak memakai masker saat beraktifitas sebagai pedagang keliling. Setelah diberikan edukasi untuk memahami pentingnya masker dalam pencegahan Covid-19, kepada warga tersebut Bambang kemudian memberikan masker sekaligus membantu memakaikan secara rapi dan benar. Tak hanya itu, sejumlah petugas yang turut dalam operasi itu, menurut Bambang juga mengedukasi warga perihal 3M yaitu memakai masker secara benar, mencuci tangan menggunakan sabun secara teratur, sampai menjaga jarak aman interaksi sosial dan menjauhi kerumunan yang berpotensi menjadi media penularan Covid-19. "Wilayah Kalikajar ini jumlah penderita Covid-19 secara akumulasi telah mencapai 85 orang, 52 telah dinyatakan sembuh, sementara 1 orang meninggal dunia," ungkapnya. Jumlah akumulasi tersebut menurutnya menjadi yang tertinggi kedua di Kabupaten Wonosobo, sehingga pihaknya merasa perlu menguatkan upaya pencegahan agar tak terus bertambah.

Meski masih menemukan warga tak mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah, Bambang mengaku ia sangat bersyukur jumlah tersebut jauh menurun dibanding dengan operasi operasi sebelumnya. "Alhamdulillah dari pendataan petugas, ketaatan warga terhadap Protokol Kesehatan, khususnya dalam hal pemakaian masker mencapai 80 % dan ini menguatkan semangat serta optimisme kita semua, ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Kalikajar akan bisa berhasil," pungkasnya.

Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/wsbkabgoid/public_html/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/wsbkabgoid/public_html/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659