Seputar Wonosobo

A+ A A-

Jaring Pengaman Sosial Disiapkan 12 Milyar

Rate this item
(0 votes)

Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo menyatakan pemerintah Kabupaten tengah menyiapkan skenario untuk menangani dampak sosial ekonomi akibat kian sulitnya kehidupan masyarakat di tengah merebaknya wabah COVID-19. Ditemui seusai gelar video conference dengan sejumlah Menteri dan Pimpinan Lembaga Negara di Sekretariat Daerah, Selasa (7/4/2020), Wabup menjelaskan langkah Pemkab dalam upaya penanganan virus corona saat ini terkoordinir dengan solid.

"Selain terus berkeliling ke wilayah sampai ke desa-desa untuk menyampaikan imbauan pencegahan COVID-19, saya juga terus memantau perkembangan terkini situasi sosial ekonomi masyarakat," terang Wabup. Ia mengaku sangat bersyukur di tengah kondisi sebagian masyarakat yang mulai kesulitan secara ekonomi akibat pembatasan pergerakan, sejumlah pihak swasta telah saling bahu membahu untuk meringankan beban sesamanya. "Pemerintah sendiri saat ini telah menyiapkan anggaran kurang lebih 32 Milyar rupiah dari realokasi anggaran belanja daerah untuk penanganan dampak COVID-19, dan sekitar 12 Milyar akan kami siapkan untuk Social Safety Net alias Jaring Pengaman Sosial (JPS)," beber Agus. Jumlah tersebut, menurutnya sudah dikoordinasikan pula dengan jajarann legislatif dan mendapatkan dukungan, mengingat begitu penting fungsinya untuk mengamankan masyarakat terdampak virus Corona.

Selain untuk JPS, Wabup menegaskan anggaran penanganan COVID-19 juga akan banyak yang dialokasikan untuk menunjang kebutuhan tenaga medis, termasuk untuk pembelian alat pelindung diri maupun insentif para pahlawan di garda terdepan perjuangan mengatasi pandemi tersebut. Ia berharap bahkan sampai ke tingkat Desa, RW, RT dan Dasa Wisma juga turut berpartisipasi dalam upaya menanggulangi COVID19 di Kabupaten Wonosobo. "Untuk para Camat, Kades Kalur hingga para pengurus RW dan RT sampai Dasawisma di seluruh Wonosobo, saya minta agar benar benar memperhatikan lingkungan, apakah ada warga terdampak ekonomi, juga warga yang datang dari luar Kota, terlebih dari daerah terjangkit agar segera melapor dan menjalani karantina mandiri secara tertib," tegasnya. Dengan koordinasi solid seluruh pihak dan dukungan warga masyarakat, Wabup meyakini Kabupaten Wonosobo akan mampu mengatasi wabah COVID-19 dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/wsbkabgoid/public_html/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/wsbkabgoid/public_html/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659