Seputar Wonosobo

A+ A A-

Bupati Himbau Pembina Pramuka Lebih Cermat Dalam Berikan Pelatihan

Rate this item
(0 votes)

Berkaca dari musibah yang menimpa 249 siswa SMPN 1 Turi Kabupaten Sleman, yang tengah mengikuti kegiatan Pramuka susur sungai di Sungai Sempor, pada Jum’at (21/2) sore, yang berakibat meninggalnya beberapa siswa, Bupati Wonosobo, yang juga Kamabicab Gerakan Pramuka Kwarcab Wonosobo ini meminta kepada para pembina Pramuka, termasuk para guru, untuk lebih waspada, cermat dan siap dalam menentukan setiap jenis latihan Pramuka. Serta harus menghitung dengan cermat dan teliti, serta berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti BPBD, bahkan jika perlu memantau lewat info BMKG, bagaimana kondisi alam dan cuaca, apabila mau melakukan kegiatan kepanduan di luar ruang atau di tengah alam bebas, mengingat cuaca saat ini tidak bisa diprediksi dan tergolong masih ekstrim.

Menurut Eko, resiko latihan Pramuka di alam bebas sangat besar, apalagi saat musim seperti sekarang sehingga semua harus disiapkan dan dihitung dengan seksama agar tidak terjadi peristiwa serupa.

“Bagi seorang Pramuka belajar bagaimana hidup di alam, memang sangat diperlukan, tapi kalau kondisinya membahayakan, lebih baik ditunda. Atau kalau memang harus dilakukan, harus diperkirakan dengan baik, dan jika perlu harus mendapat pendampingan dari para instruktur atau profesional, yang tahu betul resiko bahaya di alam dan cara mengatasinya” pungkasnya.

Bupati Eko, juga menyampaikan ucapan bela sungkawa mendalam atas peristiwa sedih tersebut.

“Saya menyampaikan belasungkawa yang sangat mendalam, atas peristiwa hanyutnya siswa SMPN 1 Turi ketika mengikuti susur sungai pada hari Jum’at sore kemarin. Semoga para pelajar, yang sedang menjalankan aktivitas sebagai seorang Praja Muda Karana, meninggal sebagai kusuma bangsa. Diampuni segala dosanya dan diterima segala amal ibadahnya oleh Sang Khaliq. Diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Kepada keluarga korban, saya juga ucapkan bela sungkawa, dan tetap tabah serta sabar. Semoga, kejadian seperti ini tidak terulang lagi dan jadi yang terakhir.”

Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/wsbkabgoid/public_html/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/wsbkabgoid/public_html/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659