Seputar Wonosobo

A+ A A-

Pencegahan Virus Corona Butuh Sinergi Solid Lintas Elemen

Rate this item
(0 votes)

Kekhawatiran dunia terhadap bahaya COVID-19, alias Corona Virus Desease yang kini telah menyebabkan kematian ribuan jiwa di sejumlah Negara, membuat Pemerintah Kabupaten Wonosobo mengambil langkah antisipatif. Melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), upaya tersebut dimulai dengan menggelar sosialisasi pencegahan penyebaran Corona Virus kepada sejumlah stakeholder lintas elemen, Rabu (19/2).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Junaedi dalam keterangannya kepada awak media menyebut upaya pencegahan agar virus mematikan itu tidak menyebar di Wonosobo menjadi tanggung jawab bersama. Menurut Junaedi, diperlukan sinergi solid di semua elemen masyarakat demi menghindari Corona, karena tanpa adanya kerjasama semua pihak akan sangat kesulitan bagi pemerintah untuk menemukan penderita. “Kepada masyarakat, kami mengimbau agar lebih berhati-hati terhadap potensi penularan virus ini, utamanya apabila mengalami kontak dengan binatang liar atau buas, maupun setelah berkunjung ke daerah-daerah tertentu yang kurang bersih untuk selalu mengenakan masker,” ungkap Junaedi. Ia juga meminta agar warga masyarakat berupaya untuk menghindari kontak langsung dengan penderita atau orang yang dicurigai memiliki infeksi akut pernafasan serta melaporkan atau langsung membawa ke petugas medis secepatnya apabila ada keluarga atau orang-orang terdekat mengalami gejala penyakit seperti demam, sesak nafas serta batuk berkepanjangan.

Seluruh pemangku kepentingan (stakeholder), seperti Camat, Dokter Puskesmas hingga elemen masyarakat disebut Junaedi juga perlu senantiasa mengikuti saran-saran pemerintah dan tetap waspada terhadap lingkungan agar terhindar dari Virus Corona. Melalui kegiatan kegiatan sosialisasi tersebut, ia juga mengaku berupaya mengedukasi masyarakat mengenai pola hidup bersih dan sehat dengan membiasakan diri mencuci tangan secara benar dan pemakaian masker yang tepat.

(Kontributor LPPL Radio Pesona FM Wonosobo - Riska)

Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/wsbkabgoid/public_html/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/wsbkabgoid/public_html/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659