Seputar Wonosobo

A+ A A-

Sukses 10 Desa Diharap Jadi Inspirasi

Rate this item
(1 Vote)

10 Kades yang belum lama ini sukses membawa Desa mereka mendominasi ajang penilaian keterbukaan informasi publik tingkat Jawa Tengah, Senin (17/2) diundang ke Pendopo Kabupaten Wonosobo. Disambut Wakil Bupati, Agus Subagiyo, beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah mulai dari Ketua DPRD, Dandim 0707, Kapolres hingga Kepala Kejaksaan Negeri, para Kades tersebut mendapatkan trophy dan piagam sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah atas capaian membanggakan yang telah ditorehkan. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Eko Suryantoro, menyebut kehadiran 10 Kades dalam acara ramah tamah bersama Wakil Bupati dan Forkopimda tersebut, selain sebagai bentuk apresiasi juga menjadi momentum untuk mendorong agar prestasi mereka bisa menginspirasi Desa-Desa lain di Wonosobo. “Kami tentu berharap agar prestasi fenomenal yang berhasil diraih di ajang penilaian keterbukaan informasi tingkat Jawa Tengah ini tidak berhenti sampai di sini, karena masih banyak Desa-Desa lain di Wonosobo yang perlu kita dorong agar kedepan lebih inovatif, akuntabel dan transparan”, tutur Eko.

Di ajang penilaian keterbukaan Informasi Tahun 2019 oleh Komisi Informasi Jawa Tengah, Eko menyebut Kabupaten Wonosobo mengirim 10 Desa. Dari 10 tersebut, 4 di antaranya yaitu Desa Pucungwetan Sukoharjo, Desa Mlandi Kecamatan Garung, Desa Burat Kecamatan Kepil serta Desa Gondang Kecamatan Watumalang, berhasil menyabet predikat sebagai Desa Informatif 1,2,3 dan 4. Sementara 4 Desa lainnya, yaitu Desa Igirmranak Kejajar, Desa Krinjing Watumalang, Desa Kalierang Selomerto dan Desa Winongsari Kaliwiro yang juga berada di jajaran 20 Desa terbaik se-Jateng masuk dalam kategori Menuju Informatif. "2 Desa lainnya, yaitu Desa Wonosari Kecamatan Wonosobo dan Desa Sindupaten Kecamatan Kertek belum berhasil masuk ke tahap visitasi tim penilai dari Komisi Informasi, namun demikian kita tetap sangat mengapresiasi upaya dan kerja keras kesemuanya", urai Eko.

Menanggapi capaian positif Desa-Desa luar biasa tersebut, Wabup Agus Subagiyo mengaku sangat bangga dan bersyukur. "Wonosobo dengan segala keterbatasan terbukti mampu menerobos ke jajaran elit di lingkup Jawa Tengah", ungkap Wabup ketika ditemui seusai menyerahkan piagam penghargaan. Hal itu menurutnya selain inspiratif juga menumbuhkan optimisme bahwa dengan inovasi dan kesungguhan ikhtiar, serta didukung sinergi semua pihak terkait, Desa-Desa di Wonosobo bisa sukses. Kepada semua Kades yang telah berhasil meraih prestasi, Agus meminta agar mereka tak jemawa, dan tetap menjaga tata kelola pemerintahan Desa transparan, akuntabel dan informatif. "Optimalkan teknologi informasi untuk mendukung terwujudnya Desa berdaya, mandiri dan sejahtera, sehingga kedepan semakin banyak lagi prestasi lain yang lebih membanggakan Wonosobo", pungkasnya.

Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/wsbkabgoid/public_html/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/wsbkabgoid/public_html/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659