Seputar Wonosobo

A+ A A-

Dinsos PMD Terima Tim Studi Tiru Kabupaten Blitar

Rate this item
(0 votes)

Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Wonosobo terima kunjungan tim koordinasi Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar Jawa Timur yang melaksanakan studi tiru tentang Disabilitas di Wonosobo. Bertempat di Aula Dinas Sosial PMD, Rabu (22/1).

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar, Sugeng Suroso, selaku ketua rombongan menyampaikan bahwa maksud kedatangannya ke Dinas Sosial PMD Kabupaten Wonosobo adalah untuk belajar bersama mengenai Disabilitas.

“Bagaimana Dinas Sosial Kabupaten Wonosobo mengakomodir teman-teman disabilitas, mulai dari teknisnya, penganggarannya dan Peraturan Daerah yang mengaturnya. Karena di Kabupaten Blitar belum ada Peraturan Daerah tentang Disabilitas, jadi selama ini yang digunakan adalah Undang Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas,” ungkap Sugeng.

“Jadi dengan kunjungan yang dikemas dalam studi tiru ini diharapkan Kabupaten Blitar bisa memperoleh ilmu dari Kabupaten Wonosobo tentang disabilitas, yang nantinya bisa menjadi referensi dan diterapkan di Kabupaten Blitar, karena Disabilitas menjadi tanggung jawab semua pihak,” pungkas Sugeng Suroso.

Sementara Sekretaris Dinas Sosial PMD Kabupaten Wonosobo, Retno Eko SN, S.Sos. M.M., saat menerima kunjungan Tim Koordinasi Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar yang berjumlah 15 orang, yang terdiri dari Komisi IV DPRD dan Dinas Sosial Kabupaten Blitar, menyampaikan bahwa untuk mengakomodir teman teman Disabilitas diperlukan kerjasama semua pihak. “Di Kabupaten Wonosobo sendiri, untuk mengakomodir penyandang Disabilitas, selain sudah ada UU RI Nomor 8 Tahun 2016 juga ada Peraturan Daerah Kabupaten Wonosobo Nomor 1 Tahun 2015 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas dan didukung juga oleh Peraturan Daerah Kabupaten Wonosobo Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Kabupaten Wonosobo Ramah HAM yang didalamnya juga mengatur tentang penyandang disabilitas,” jelas Retno.

 

Retno juga menyampaikan bahwa di Kabupaten Wonosobo ada 4.215 orang penyandang disabilitas, baik itu disabilitas Fisik, Intelektual, Mental, Sensorik maupun Multi. “Ke 4.215 orang penyandang disabilitas yang ada di Wonosobo tersebut, semuanya sudah tersentuh oleh Pemerintah, baik Pusat, Provinsi maupun Kabupaten. Tetapi pemerintah juga tidak bisa bekerja sendiri, dukungan dari legeslatif, CSR, komunitas-komunitas Disabilitas serta seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan untuk mengakomodir penyandang disabilitas,” pungkas Retno Eko.

Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659