Seputar Wonosobo

A+ A A-

Pramuka Lakukan Bakti Masyarakat di Slukatan

Rate this item
(0 votes)

Sebanyak 201 anggota pramuka melakukan aksi bakti masyarakat di Desa Slukatan, Mojotengah, Selasa (17/09). Kegiatan bakti masyarakat tersebut diadakan dalam rangka Perkemahan Wirakarya Cabang V yang diselenggarakan sejak hari Minggu (15/09) hingga Jumat (20/09) di Desa Slukatan, Mojotengah.

Waka Organisasi dan Hukum Kwarcab Wonosobo, One Andang Wardoyo mengatakan kegiatan bakti masyarakat tersebut merupakan implementasi dari Dasa Dharma yang sesungguhnya, sehingga membuktikan bahwa pramuka memang berguna bagi masyarakat. “Sehingga memang masuk menjadi anggota pramuka ini betul-betul berguna bagi masyarakat,” ujarnya.

Andang mengatakan, ada kegiatan fisik dan non fisik yang wajib diikuti oleh seluruh peserta Perkemahan Wirakarya, diantaranya adalah pembangunan sanitasi dan jambanisasi, serta motivasi. Selain pembangunan sanitasi dan jambanisasi, beragam kegiatan lain yang diselenggarakan yaitu posyandu lansia, pembuatan kompos, vertical garden, penanaman pohon hingga pembuatan sarana mencuci tangan.

Waka Bina Muda Kwarcab Wonosobo, Sri Widyastuti mengatakan kegiatan tersebut selain diikuti oleh 201 anggota pramuka yang berasal dari 10 SMA/SMK/MA, juga diikuti oleh pramuka peduli kwarcab Wonosobo.  Menurut Sri, tujuan diselenggarakan Perkemahan Wirakarya tersebut adalah agar bisa menambah wawasan dan pengetahuan anggota pramuka. Disamping itu, kegiatan tersebut juga bertujuan mendekatkan pramuka dengan masyarakat. “Kegiatan ini untuk membuktikan bahwa pramuka hadir untuk mengabdi kepada masyarakat”.

Beragam kegiatan dalam bidang kesehatan dan pembangunan yang diselenggarakan diharapkan bisa meningkatkan derajat kesehatan dan pendidikan masyarakat, khususnya di Desa Slukatan. “Diharapkan melalui kegiatan Perkemahan wirakarya, warga pramuka dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat, dan bergotong royong dengan masyarakat,” ujarnya.

Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /dcpartition/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /dcpartition/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659