Seputar Wonosobo

A+ A A-

Inovasi Untuk Pelayanan Publik Yang Sesuai Harapan

Rate this item
(0 votes)

Pemerintah Daerah saat ini dituntut untuk selalu melakukan inovasi, dalam menyediakan pelayanan publik yang sesuai harapan. Inovasi dimaksud sangat penting untuk menyikapi tuntutan pelayanan masyarakat dewasa ini. Pemerintah Daerah juga didorong untuk membudayakan semangat One Agency One Innovation (Satu Instansi Satu Inovasi). Selain itu, pelayanan publik yang berkualitas juga menjadi salah satu agenda reformasi birokrasi. Demikian disampaikan Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, S.E., M.M., saat membuka acara Sosialisasi Lomba Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Wonosobo Tahun 2019. Bertempat di Pendopo Belakang, Senin (9/9).

Perbaikan kualitas pelayanan publik merupakan salah satu agenda prioritas Pemerintah Kabupaten Wonosobo. “Oleh karena itu, berbagai upaya kita lakukan untuk mempercepat peningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya melalui kegiatan Lomba Inovasi Pelayanan Publik, yang akan dilaksanakan di bulan ini. Saya berharap, dengan adanya lomba inovasi yang sesuai dengan semangat One Agency One Innovation, akan memunculkan gagasan atau ide kreatif dan inovatif dari setiap OPD maupun Unit Layanan,” jelas Bupati.

Selain itu, kegiatan ini juga saya harapkan mampu memaksimalkan fungsi aparatur menciptakan terobosan. Hal ini dikarenakan fungsi dan tugas Aparatur Sipil Negara, adalah untuk menjalankan pelayanan publik.    

Setelah sukses dengan inovasi sebelumnya yang meraih penghargaan Top 99 oleh Kementerian PAN RB, yakni Labu Basi (SD Negeri 1 Garung), PL Sagita (Puskesmas Garung) dan Rumah Sakit Rasa Toyota (RSUD KRT Setjonegoro). Serta inovasi Rumah Sakit Rasa Toyota (RSUD KRT Setjonegoro) berhasil masuk dalam TOP 45, diharapkan yang lainnya mengikuti jejak kesuksesan tersebut.

“Mengingat pentingnya inovasi ini, saya harap, seluruh instansi di Kabupaten Wonosobo dapat mengikuti kompetisi ini. Tidak perlu takut salah, yang terpenting inovasi tersebut dapat memberikan perbaikan pelayanan publik, dan memberikan manfaat bagi masyarakat, guna terwujudnya Wonosobo yang bersatu untuk maju, mandiri dan sejahtera untuk semua. Dan diharapkan inovasi tersebut tidak hanya untuk lomba tetapi diterapkan untuk kemajuan masyarakat Wonosobo,” pungkas Bupati.

Sementara pada kesempatan itu plt. Kepala Bagian Organisasi Setda Wonosobo, Drs. Tono Prihatono, menyampaikan bahwa Lomba Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Wonosobo tahun 2019 ini, untuk mendorong tumbuhnya inovasi pelayanan publik pada masing masing perangkat daerah/unit pelayanan publik, semangat kompetisi dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, peningkatan kualitas pelayanan publik serta mendorong terwujudnya Pemerintah Kabupaten Wonosobo yang Inovatif. Selain itu kegiatan ini juga untuk menjaring Inovasi Pelayanan Publik yang akan diikutsertakan dalam Kompetisi Inovasi Layanan Publik Kementerian PAN-RB.

“Pada lomba Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Wonosobo tahun 2019 ini dimulai dengan sosialisasi lomba pada hari ini. Dilanjutkan dengan penyusunan proposal dan pembuatan video lomba yang dilaksanakan pada 10-16 September 2019 oleh perangkat daerah/unit pelayanan publik, penilaian proposal lomba dilaksanakan pada 17-18 September 2019 oleh dewan juri, presentasi dan paparan inovasi pelayanan publik di hadapan dewan juri dilaksanakan pada 21 September 2019, pengumuman dan penyerahan hadiah pemenang lomba inovasi pelayanan publik akan dilaksanakan pada tanggal 22 September 2019,” pungkas Tono Prihatono.

Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /dcpartition/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /dcpartition/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659