Seputar Wonosobo

A+ A A-

TAHUN 2019 PEMKAB WONOSOBO TERAPKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SD DAN SMP NEGERI

Rate this item
(1 Vote)

Tahun ini Pemerintah Kabupaten Wonosobo terapkan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru SD dan SMP. Kebijakan zonasi pendidikan ini merupakan salah satu strategi pembangunan pendidikan yang terintegrasi untuk mencapai pemerataan pendidikan yang berkualitas, sebagaimana Peraturan Menteri Kebudayaan Nomor 51 tahun 2018 tentang tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-kanak, Satuan Pendidikan Dasar, Satuan Pendidikan Menengah Pertama, Satuan Pendidikan Menengah Atas, dan Satuan Pendidikan Menengah Kejuruan menegaskan tentang penerimaan peserta didik baru berbasis zonasi untuk mendorong peningkatan akses layanan pendidikan. Peraturan tersebut mengamanatkan Pemerintah Daerah untuk mengatur lebih lanjut tentang PPDB berbasis zonasi sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

Prinsip utama dari zonasi pendidikan adalah mendekatkan lingkungan sekolah dengan lingkungan keluarga. Terdapat 3 jalur PPDB (1) Jalur zonasi dengan presentase jumlah peserta didik yang diterima palin gsedikit 90% dari daya tampung, (2) Jalur prestasisebanyak 5% dari daya tampung, dan (3) Jalur perpindahan tugas orang tua/wali, sebanyak 5%.

Mekanisme dari PPDB berbasis online dan offline. Untuk SD terdapat 7 SD yang menyelenggarakan PPDB Online yaitu SD Negeri 1 Wonosobo, SD Negeri 2 Wonosobo, SD Negeri 5 Wonosobo, SD Negeri 8 Wonosobo, SD Negeri 10 Wonosobo, SD Negeri Pagerkukuh dan SD Negeri 1 Jaraksari. Jalur zonasi untuk SD adalah berdasarkan Desa/Kelurahan yang ditinggali siswa, terbagi menjadi 3 zona yaitu zona 1, zona 2 dan luar zona.

Sementara itu untuk SMP Negeri diwajibkan selenggarakan PPDB secara online. Zonasi SMP diukur dalam radius 6 km dari sekolah dengan berbasis titik koordinat domisili siswa yang diinput oleh SD dari alamat siswa. Orang tua bisa mengecek apakah titik koordinat tersebut sudah dapat atau belum dengan menghubungi SD masing-masing.

Syarat utama untuk PPDB berbasis zonasi adalah Kartu Keluarga atau surat keterangan domisili sekurang-kurangnya 6 bulan sebelum pelaksanaan PPDB. Adapun PPDB SD Online akan diselenggarakan 17 sampai dengan 19 Juni 2019. Sedangkan SMP mulai 1 sampai dengan 3 Juli 2019.

 

Nilai Hasil Ujian Tidak Digunakan Sebagai Dasar Seleksi PPDB SMP

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk PPDB berbasis zonasi tidak menggunakan nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai dasar untuk seleksi peserta didik, sebagaimana dimuat dalam Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 dan ditegaskan dalam Surat Edaran Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Dalam Negeri tanggal 10 April 2019.

 

Silahkan unduh informasi lengkap Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru SD dan SMP Negeri Tahun 2019 Kabupaten Wonosobo, di link dibawah ini :

Last modified onWednesday, 12 June 2019 15:27
Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /dcpartition/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /dcpartition/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659