Seputar Wonosobo

A+ A A-

Ides Café Mudahkan PKL Taman Kartini Akses Internet

Rate this item
(0 votes)

 

Keberadaan Internet Desa (IDes) Café di sudut taman Kartini Kota Wonosobo disambut gembira sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang mangkal di sekitar Gedung Arpusda dan Masjid Jami. Mereka mengaku sekarang lebih banyak pengunjung yang datang ke area taman kartini untuk sekedar mengakses internet gratis hasil kerjasama Dinas Komunikasi dan Informatika dengan PT Indonesia Comnet Plus (ICON+) tersebut. Dari bincang-bincang singkat Komisaris Utama ICON+ Edwin Hidayat Abdullah, ketika mengunjingi Ides Café bersama Bupati, Eko Purnomo dan Wakil Bupati Agus Subagiyo serta sejumlah pimpinan OPD dengan beberapa PKL, rerata mereka mengakui ada nilai tambah sejak ada internet gratis. “Tadi sudah saya tanyakan kepada para pedagang, dan mereka menyebut Ides Café membuat para pembeli betah berlama-lama di sekitar taman kartini, karena selain makan dan minum juga sekaligus memanfaatkan fasilitas Wi-Fi yang disediakan gratis ini,” terang Edwin seusai pemantauan Ides Café, pada Jumat (8/3).

Ides Café yang merupakan kolaborasi pihak ICON+ dengan Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo, dijelaskan Edwin menjadi bagian dari komitmen pihaknya untuk mendukung realisasi smart City dan Smart Regency. Selain melalui Ides Café, pihak ICON+ menurut Edwin juga bersedia menjalin kerjasama dengan pemerintah desa yang menginginkan kemudahan dan stabilitas akses jaringan internet untuk memudahkan warga berkomunikasi dan membuka wawasan pengetahuan. Jaringan ICON+ yang merupakan anak usaha PT PLN Persero, disebut Edwin akan memudahkan jangkauan hingga ke daerah-daerah terpencil sekalipun, dan dengan kecepatan akses yang lebih stabil karena telah menggunakan fiber optic.

Sambutan positif terhadap komitmen ICON+ untuk mendukung penuh Kabupaten Wonosobo menuju Smart City tak hanya diungkap PKL dan sejumlah warga masyarakat yang tergabung dalam beberapa komunitas. Bupati dan Wakil Bupati yang melihat langsung dan membuktikan kemanfaatan Ides Café juga mengaku sangat mengapresiasi inisiatif ICON+. Keduanya kompak menegaskan untuk terus berupaya  agar kerjasama Pemkab dengan ICON+ maupun pihak lain seperti PT Telkom dapat ditingkatkan demi memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. “Harapan kedepan, kerjasama dengan ICON+ ini akan dapat menambah lagi layanan seperti Ides Café ini di ruang-ruang terbuka publik lainnya, sampai ke wilayah,” ungkap Bupati. Senada, Wabup Agus Subagiyo juga menekankan pentingnya akses internet secara mudah seperti di IDes Café, agar warga masyarakat Wonosobo, khususnya para pelaku usaha bisa memanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan omzet usaha mereka.

(Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo)

Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659