Seputar Wonosobo

A+ A A-

WTP 2 Tahun Beruntun, Pemkab Terima Penghargaan Dari Menteri Keuangan

Rate this item
(0 votes)

Pemerintah Kabupaten Wonosobo menerima penghargaan atas keberhasilan menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2017 dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan di bidang pengelolaan keuangan negara dari Menteri Keuangan RI tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada Bupati Wonosobo Eko Purnomo, di Semarang, bersamaan dengan digelarnya Rapat Koordinasi Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Tengah dengan Pemerintah Daerah se-Jawa Tengah di Hotel Novotel, kemarin.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengapresiasi capaian tersebut mengingat Wonosobo selama dua tahun terakhir juga berhasil meraih predikat WTP.Kendati demikian, Ganjar juga memberi peringatan kepada kepala daerah untuk mewaspadai celah korupsi di era digital. "Saya senang dan bangga karena ada perbaikan kualitas, membangun kesadaran diri melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik,’’ tegasnya. Ganjar berharap, penghargaan ini mampu mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan target, jika selama ini pemerintah daerah hanya berorientasi menciptakan good government harus diubah menjadi clean government.

Karena clean government-lah yang diharapkan masyarakat saat ini sehingga WTP menjadi salah satu elemen penting untuk tindakan awal dalam melakukan pencegahan tindak pidana korupsi. Untuk menciptakan clean government, menurutnya, memang berat karena bakal berhadapan dengan oknum dan nafsu pribadi. Terlebih, saat ini ruang-ruang tindak koruptif juga semakin mengikuti perkembangan era digital.

Sementara, Bupati Eko Purnomo menyatakan, bersyukur Pemkab Wonosobo kembali mendapatkan opini WTP. Ini merupakan perolehan yang kedua kalinya setelah opini hasil pemeriksaan 2016 dan 2017. Kepada jajaran Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKKAD) dan intansi jajaran yang turut mendukung, Bupati juga menyampaikan apresiasi dan berharap agar kinerja terus dipertahankan agar lebih baik lagi ke depannya. "Kami harap hasil pemeriksaan keuangan 2018 ini nanti juga bisa medapatkan opini WTP karena opini WTP berarti juga akan memungkinkan mendapat reward keuangan yang lebih besar lagi, yang pada akhirnya bisa meningkatkan pembangunan di Wonosobo,’’ pungkas Bupati.

Last modified onTuesday, 06 November 2018 11:20
Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659