Seputar Wonosobo

A+ A A-

Maju Lomba PAAR Tingkat Nasional, Desa Wonoroto Optimalkan 7 Layanan Utama

Rate this item
(0 votes)

Desa Wonoroto, Kecamatan Watumalang tengah bersiap menghadapi tahapan krusial dalam rangka mewujudkan target prestisius, menjadi pelaksana terbaik di tingkat Nasional, lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) penuh cinta kasih dan sayang Tahun 2018. Camat Watumalang, Iwan Widyanto ketika ditemui seusai rapat koordinasi lintas instansi, di aula kantor TP PKK Kabupaten, Senin (6/8) mengakui pihaknya membutuhkan dukungan sinergis semua pihak, demi tercapainya target tersebut. Menurut Iwan, hampir semua komponen, baik di desa maupun kecamatan telah bekerja keras dengan mengoptimalkan segenap potensi yang ada. Menurut Iwan, setidaknya ada 7 layanan utama yang akan diangkat pada saat penerimaan tim penilai independen dari pusat pada akhir Agustus mendatang.

Ketujuh layanan tersebut dibeberkannya meliputi  pengamalan Pancasila, Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN), Layanan Kesehatan, Pencegahan KDRT, Pencegahan Kekerasan, SosialisasiPencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), dan Optimalisasi capaian kepemilikan akte kelahiran. Untuk memaksimalkan kinerja ketujuh layanan utama itulah, Iwan menuturkan pihaknya bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa mengajak sejumlah OPD, BUMD dan Organisasi Wanita untuk turut berkontribusi dalam persiapan. Untuk pengamalan Butir-Butir Pancasila dan PKBN contohnya, OPD terkait seperti Dinas Pendidikan, Kantor Kesbangpol, serta Dinas Perhubungan dan BPBD diakui Iwan turut mendukung memberikan pembelajaran kepada para siswa SD Negeri 1 Wonoroto.

“Dinas Kesehatan, Dinas PPKBPPPA serta Kemenag dan Gabungan Organisasi Wanita kami ajak untuk mendukung kinerja penyediaan layanan kesehatan anak dan keseharan reproduksi remaja, serta pencegahan KDRT,” lanjut Iwan. Kemudian, untuk pencegahan kekerasan pada anak dan pencegahan perdagangan orang (trafficking), pihaknya juga meminta dukungan dari Dinas Tenaga Kerja, GOW dan Kementerian Agama. Terakhir, layanan untuk mendorong capaian kepemilikan akte kelahiran Iwan menyebut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bakal diajak untuk membuka outlet di Desa Wonoroto.

Senada dengan Iwan, Ketua TP PKK Kabupaten Wonosobo Ny Fairuz Eko Purnomo yang memimpin rakor bersama Asisten Administrasi, Samsul Maarif berharap agar semua pihak, baik di lingkup OPD Pemkab, BUMD hingga organisasi wanita benar-benar optimal memberikan dukungan kepada Desa Wonoroto. Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, perempuan yang karib dengan sapaan Bunda Ve itu meminta setiap elemen saling bersinergi secara aktif untuk meraih hasil positif, yaitu menjadi pelaksana terbaik pola asuh anak dan remaja penuh cinta dan kasih sayang tingkat Nasional Tahun 2018. “Berikan pembinaan, pembekalan dan sosialiasi kepada para kader hingga para tokoh agama maupun tokoh masyarakat di Desa Wonoroto agar lebih paham dengan tujuh layanan utama tersebut, agar nantinya mereka benar-benar siap ketika tim penilai independen dari Pusat datang untuk menjalankan tugas mereka,” tandasnya. Dengan dukungan semua pihak serta kerja keras dan kesiapan warga masyarakat Wonoroto, Ve meyakini target untuk menjadi yang terbaik akan dapat dicapai.

 

(Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo)

Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659