Seputar Wonosobo

A+ A A-

Fungsi Keluarga Kuatkan Mental Anak Sejak Dini

Rate this item
(0 votes)

Peran aktif guru dalam membimbing anak didiknya sekaligus mengarahkan agar anak-anak dapat menggunakan media sosial sebagaimana mestinya disampaikan oleh Ibu Farius Eko Purnomo saat membuka kegiatan Seminar Hari Anak Nasional Kabupaten Wonosobo, Rabu 18/7 di ruang Mangoenkusumo Setda. 

Selain itu Ketua Tim Penggerak PKK Wonosobo tersebut juga menyampaikan keresahannya terkait dengan ditemukannya alat-alat kontrasepsi di sejumlah taman di Wonosobo yang mengindikasikan masih lemahnya mental anak-anak di era sekarangg. Dihadapan para guru dari tingkat PAUD hingga tingkat SMA yang menjadi peserta seminar, Ibu Farius menyampaikan kuatnya pengaruh teknologi saat ini harus bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif, misalnya dengan menggunakan media sosial untuk kepentingan pelajaran di sekolah.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia hari Anak Pemkab Wonosobo melalui Dinas KBPP&PA  ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para guru dalam mendidik peserta didiknya di era teknologi yang serba cepat, sekaligus cerdas dalam menggunaaan media sosial bagi anak. Seminar kali ini menghadirkan dua narasumber, yakni dr. Emi Hidayati Kabid KB& Repro pada Dinas KB PP & PA Kabupaten Wonosobo, dan narasumber kedua adalah DR Ratmi Diana S.Psi, dosen UGM sekaligus seorang psikolog fari Yogyakarta. 

Dalam paparannya, dr Emi menyampaikan penting peran keluarga dalam membangun karakter anak dengan menanamkan dan menerapkan nilai-nilai moral. Nilai-nilai moral tersebut terangkum dalam 8 fungsi keluarga meliputi fungsi agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, fungsi pelindung, fungsi reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi pemeliharaan lingkungan. Fungsi-fungsi tersebut seyogyanya dijalankan oleh keluarga untuk dapat menjadi keluarga yang bertaqwa, tangguh, bertanggungjawab, sehat, toleran dan mandiri.

Senada dengan dr. Emi, narasumber kedua yakni DR Ratmi dengan judul materi Membentuk Karakter Anak di Era Milenial, juga menyampaikan pentingnya penanaman moral sedini mungkin kepada anak. Permasalahan peserta didik saat ini yaitu mengalami krisis akhlak, lunturnya kejujuran, dan kuatnya pengaruh teknologi dapat dikembalikan dengan kuatnya fungsi agama di dalam lingkungan terkecil yaitu keluarga.

(Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo)

Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659