Seputar Wonosobo

A+ A A-

PENIGKATAN KAPASITAS SATLINMAS DIBUTUHKAN DALAM LAKSANAKAN TUGAS PEMILU

Rate this item
(0 votes)

Warta Daerah

PENIGKATAN KAPASITAS SATLINMAS DIBUTUHKAN DALAM LAKSANAKAN TUGAS PEMILU

 

WONOSOBO. Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018 akan segera dilaksanakan Berbagai persiapan tentunya sudah dilakukan oleh berbagai elemen terkait di seluruh wilayah. Seperti halnya yang di lakukan Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Kantor Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat, gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Anggota Linmas Desa/Kelurahan se-Kabupaten Wonosobo selama dua hari (11-12/4) bertempat di Hotel Sindoro Sumbing Wonosobo, diikuti oleh 100 orang peserta anggota Linmas.

 

Menurut Keterangan Kasat Pol PP dan Linmas Haryono, kegiatan ini dselenggarakan berdasarkan Program Kerja Satpol PP dan Linmas Tahun anggaran 2018 tentang Pelatihan Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas Desa/Kelurahan, dan menindaklanjuti surat telegram Gubernur Jawa Tengah kepada Bupati Purworejo, Magelang, Wonosobo, Termanggung, dan Walikota Magelang nomor : 005/856 tanggal 28 Februari 2018 tentang Pelatihan Keterampilan Satlinmas dalam PAM Pilgub.

 

Kegiatan ini dimaksudkan agar dalam penyelenggaraan Pemilu tercipta situasi dan kondisi yang kondusif, sehingga masyarakat yang memiliki hak suara untuk memilih dapat menyalurkan aspirasi politik dengan aman, tenang tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Disamping itu akan terbentuk anggota linmas yang disiplin, terampil dan sigap dalam menjalankan tugas Kelinmasan.

 

Haryono menambahkan, materi dan narasumber meliputi, Permendagri nomor 84 tahun 2004 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat dari Satpol PP Provinsi, Kesiapan Pilgub Provinsi Jateng tahun 2018, dengan narasumber dari KPU Kabupaten Wonosobo, Pengawasan Pemilu dari Panwaslu Kabupaten Wonosobo, Bela Negara oleh Kodim 0707/Wonosobo. Polres Wonosobo menyampaikan materi tentang Turjawil dan Peran Satlinmas dalam PAM TPS/ Kotak Suara serta Simulasi dan Praktik Turjawil dan PAM TPS/Kotak Suara. Adapun materi dari Satpol PP sendiri meliputi penyampaian Permendagri no 10 tahun 2009 tentang Penugasan Satlinmas dalam Menjaga Tramtib dan KAM penyelengaraan Pemilu, dan Peran Satpol PP dan Linmas dalam Pemilu Kada serta diskusi dan pembahasan materi dan tanya jawab.

Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659