Seputar Wonosobo

A+ A A-

Festival Desa Wisata Tingkat Kabupaten Digelar Di Reco

Rate this item
(0 votes)

Pemerintah Kabupaten Wonosobo, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bakal menyelenggarakan festival Desa Wisata Tingkat Kabupaten, Jumat (24/11) sampai Minggu (26/11) mendatang. Kepala Disparbud, One Andang Wardoyo ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/11) menjelaskan tujuan penyelenggaraan festival desa wisata adalah sebagai bagian dari promosi pariwisata di Kabupaten Wonosobo. “Festival kami gelar di Anggrung Gondok, Desa Reco Kecamatan Kertek dan akan dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta dihadiri perwakilan dari Kementerian Pariwisata RI,” tutur Andang. Desa di perbatasan Wonosobo – Temanggung tersebut dipilih, karena menurutnya merupakan pintu masuk Wonosobo dari sisi timur. Faktor pendukung berupa telah tersedianya objek wisata alam dan taman rohani, diakui Andang juga menjadi pertimbangan.

Selain menyajikan stan sebagai media promosi tak kurang dari 22 desa wisata se-Kabupaten, Andang menyebut dalam festival tersebut digelar pula sejumlah kegiatan, termasuk forum group discussion mengenai pengelolaan Dieng bersama 9 Bupati dan Walikota seputar Dieng. Agenda festival desa wisata, yang menurut Andang akan dihadiri pula perwakilan dari Kementerian Kemaritiman juga telah disinkronisasai dengan badan otorita borobudur, sebagai salah satu upaya menarik lebih banyak wisatawan. “Karena bersamaan juga dengan Hari Guru, nantinya juga bakal ada even Guru  Menghibur, berisi pagelaran seni PGRI, tarian massal para guru PGRI, serta sarasehan guru dengan Gubernur,” beber Andang.

 

Dari gelar Festival Desa Wisata Tingkat Kabupaten tersebut, Andang mengakui pihaknya berupaya mendorong sektor pariwisata, utamanya di wilayah semakin tumbuh dan mampu memberikan dampak positif bagi warga masyarakat.  “Banyak desa Wonosobo yang memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata, sehingga selayaknya kita berikan media untuk promosi agar semakin dikenal para wisatawan,” tandasnya. Dengan kian majunya desa-desa wisata tersebut, Andang meyakini akan ada efek berantai seperti terbukanya lapangan pekerjaan dan usaha mandiri, sehingga perekonomian di desa pun bakal bergerak lebih dinamis.

Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659