Seputar Wonosobo

A+ A A-

Pegawai Diminta Lebih Aktif Rilis Berita

Rate this item
(1 Vote)


Pentingnya merilis pemberitaan perihal agenda kerja dan pelayanan masyarakat di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), demi memenuhi tuntutan keterbukaan informasi publik terus ditekankan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo. Dwiyama SB, Sekretaris Diskominfo yang juga Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten, menyebut era keterbukaan informasi menuntut setiap penyelenggara pemerintahan untuk lebih transparan dalam menyampaikan progress kinerja melalui rilis resmi berita. “Berita tidak harus selalu dimuat di media cetak, karena sekarang banyak juga media sosial online yang dapat mengakomodasi kebutuhan pemberitaan tersebut,” jelas Dwiyama kepada puluhan pegawai yang menjadi peserta pelatihan jurnalistik tingkat lanjut, di Aula Dinas Kominfo, Senin (18/9).

Melalui pelatihan jurnalistik yang digelar secara periodik, serta menghadirkan narasumber kompeten dari sejumlah media tersebut, Dwiyama menuturkan Dinas Kominfo berupaya untuk meningkatkan kesadaran para pegawai terhadap pentingnya jurnalistik. Selain itu, melalui materi-materi yang disampaikan selama pelatihan, para peserta diharapkan Yama juga akan memahami bahwa kecanggihan teknologi informasi juga memunculkan beragam versi berita, termasuk berita-berita bohong, alias hoax. “Jangan sampai pegawai di lingkup Pemkab Wonosobo justru terjebak percaya pada berita-berita yang sifa tnya hoax, atau bahkan malah menjadi bagian dari penyebarluasan hoax di media sosial,” tegasnya. Ketiga pemateri yang dihadirkan dari media cetak, media elektronik dan praktisi media sosial, disebut Yama kompeten untuk mengulas teknik pemberitaan yang baik, termasuk bagaimana berperilaku di media sosial.

Harapan Dwiyama agar setiap peserta pelatihan jurnalistik semakin aktif mengirimkan rilis ke media, selaras dengan tujuan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) selaku penyelenggara kegiatan. “Pelatihan ini merupakan yang kedua kalinya kami gelar, dan secara tujuan memang agar para pegawai di lingkup OPD menjadi lebih sadar akan pentingnya menyebarluaskan progress kinerja dan agenda kegiatan mereka melalui pemberitaan,” terang Fahrudin Azis, Kepala Seksi Kerjasama Media dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Bidang IKP ketika ditemui di sela pelatihan. Dalam pelatihan tersebut, Azis menyebut pihaknya juga berupaya meningkatkan antusiasme peserta kepada dunia tulis menulis produk jurnalistik, baik melalui media cetak dan elektronik, maupun diseminasi melalui kanal media sosial. “Penulis paling kreatif yang berhasil mendapatkan nilai terbaik akan diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi kami kepada peserta pelatihan,” pungkas Azis.

Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659