Seputar Wonosobo

A+ A A-

Wabup Minta Pelaku Pembuangan Sampah Ke Sungai Bogowonto Ditindak Tegas

Rate this item
(2 votes)

 

Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo mengaku geram dengan munculnya kasus pembuangan satu truk sampah ke aliran sungai Bogowonto di Desa Pecekelan, Kecamatan Sapuran yang kini tengah menjadi viral di media sosial. Kepada Polres Wonosobo, yang kini telah melakukan tindakan pengamanan terhadap pelaku, Wabup berharap agar ada tindakan tegas, sehingga menimbulkan efek jera. “Ini tindakan membuang sampah di sungai bisa mengakibatkan dampak negatif luar biasa, merugikan ekosistem sungai sampai memicu banjir, sehingga saya sudah meminta kepada Kapolres untuk menindak tegas pelakunya,” ungkap Wabup di sela meninjau sungai Bogowonto bersama Asisten Pemerintahan M Aziz Wijaya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Supriyanto, Kepala Satpol PP Haryono, dan Camat Sapuran Agus S Dewabrata, Kamis (31/8).

Untuk mencegah agar hal serupa tidak terjadi lagi di masa-masa mendatang, Wabup mengaku akan segera berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait, termasuk Kades dan Camat se-Wonosobo. “Upaya menambah tempat pembuangan sampah terpadu sementara (TPST) saya kira perlu dilakukan lagi hingga sampai ke desa-desa, demi menyadarkan warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” tutur Wabup lebih lanjut. Meningkatnya kesadaran warga masyarakat untuk tidak menggunakan sungai sebagai tempat pembuangan sampah, diyakini Wakil Bupati juga akan berimbas kepada terjaganya habitat sungai sebagai salah satu sumber kehidupan bagi banyak makhluk. Kebersihan sungai-sungai di Wonosobo, menurut Agus juga akan mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang tengah berkunjung, terlebih banyak objek wisata air terjun yang kini tengah dibenahi untuk dapat diangkat sebagai destinasi unggulan.

Komitmen Pemkab Wonosobo untuk serius membenahi kesadaran warga masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan juga diakui Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Supriyanto. Di sela mendampingi Wabup, Supriyanto menegaskan bahwa pelaku pembuangan sampah di sungai Bogowonto layak diberikan sanksi tegas. “Kami baru saja membangun komitmen bersama warga Dieng untuk menjaga kebersihan di kawasan Dataran tinggi Dieng, sehingga munculnya kasus di Bogowonto ini juga akan kami tindaklanjuti dengan upaya serupa, yaitu mengajak pihak-pihak terkait di wilayah Sapuran untuk berkomitmen bersama,” tutur Supri.

 

Penanganan masalah sampah, diakui Supri memang tidak bisa serta merta bisa tuntas dalam waktu singkat. Diperlukan penanganan serius, seperti adanya kesadaran warga masyarakat dan para pemangku wilayah untuk merelakan lahan yang dapat dipergunakan sebagai tempat pembuangan sampah terpadu sementara, sebelum pada akhirnya sampah dibuang di TPA Kabupaten. “Pada intinya, untuk penanganan masalah sampah kami akan mengajak pihak-pihak terkait duduk bersama, agar tumbuh kesepahaman bahwa tanggung jawab terkait sampah tidak hanya ada di pundak pemerintah, melainkan juga di masyarakat,” tandasnya.

Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659