Mitra Pemkab

A+ A A-

Pecahan Gelas, Botol Kaca Masuk Sungai Dandim Prihatin

Rate this item
(0 votes)

Kodim 0707/Wonosobo bersama masyarakat Kauman Selatan Wonosobo membersihkan saluran Kuntho Aji Jalan Diponegoro.  Kegiatan pembersihan ini dalam rangka memperingati HUT TNI ke 73. (23/9)

Komandan Kodim Letkol Czi Fauzan Fadli, SE yang memimpin acara pembersihan ini menyampaikan bahwa kegiatan bersih-bersih sungai ini sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan. Dengan sungai bersih akan banyak manfaat yang diperolehnya. Untuk itu Dandim mengajak semuanya untuk ikut perpatisipasi menjaga lingkungan disekitar kita.

Salah satu manfaat dari jika sungai bersih adalah bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Itu merupakan sebuah peluang usaha yang bisa meningkatkan kesejahteraan warga sekitar. Sebab saat ini dengan kesibukan orang yang dikejar target dalam bekerja maka mereka membutuhkan hiburan. Hiburan banyak macam cara yang dilakukan salah satunya adalah dengan melihat alam yang bersih, sungai yang jernih, bebas dari sampah itu sudah menjadi hiburan sendiri.

Letkol Czi Fauzan Fadli, SE dalam acara bersih-bersih sungai merencanakan apabila sungai ini sudah bersih dari sampah akan direncanakan ditebari ikan. Dengan tujuan sebagai tempat hiburan masyarakat yang kebetulan lewat atau sekedar menghilangkan kepenatan. Jika rencana itu terlaksana maka Komandan Kodim mengajak untuk bersama menjaganya baik kebersihan maupun ikan jangan sampai hilang diambil orang.

Komandan Kodim sangat sedih ketika membersihkan sungai, sebab sampah yang dibuang di sungai ternyata tidak hanya plastik akan tetapi pecahan gelas, botol kaca, piring juga ditemukan disana. Ini sangat membahayakan sekali dan kedepannya tidak boleh terjadi lagi.

Ketua RW Kauman selatan sangat senang sekali dengan kegiatan Kodim yang telah peduli membersihkan sungai. Ini sebuah bentuk ajakan yang sangat positif. Sebuah lembaga keamanan ternyata peduli dengan kelestarian lingkungan. Mereka tidak hanya bicara akan tetapi langsung terjun memberikan contoh nyata. Ini betul-betul membuat warga kauman selatan malu.

Adapun rencana Komadan Kodim yang berkeinginan untuk menebar ikan disungai sebagai tempat wisata kami selaku warga RW Kauman Selatan sangat mendukung sekali. Dengan adanya ikan tersebut maka warga akan lebih semangat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Ketua Komunitas Ikan dan Sungai Seto yang juga mengikuti acara berisih-bersih sungai ini sangat mendukung kegiatan yang telah dilakuan oleh Kodim. Disaat pembersihan tersebut antara Ketua KIS dan Dandim akan menindak lanjuti kegiatan ini yaitu direncanakan tanggal 7 Oktober 2018 akan dilaksanakan lagi karya bakti pembersihan saluran Kunto Aji ini sampai maksimal dengan melibatkan komponen yang lebih banyak lagi seperti komunitas sungai dan ikan, pemuda serta masyarakat umum. Jika itu semua sudah bersih maka akan dilanjutkan pada tanggal 10 Oktober 2018 akan dilaksanakan penebaran ikan. Sehingga diharapkan saluran Kuntho Aji di jalan Diponegoro bisa menjadi contoh akan kepedulian pelestarian lingkungan khususnya sungai.


Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659