Logo
Print this page

KPCDI BANYUMAS KUNJUNGI UNIT HEMODIALISA DUA RUMAH SAKIT DI WONOSOBO

KPCDI BANYUMAS KUNJUNGI UNIT HEMODIALISA DUA RUMAH SAKIT DI WONOSOBO
Rate this item
(0 votes)
Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) Cabang Banyumas yang diketuai oleh Tangkas Puji Windarso melakukan kunjungan ke unit-unit Hemodialisa Rumah Sakit di Kabupaten Wonosobo, Sabtu (18/1). Adapun rumah sakit yang dikunjungi yaitu RS PKU Muhammadiyah dan RS Islam Wonosobo.
 
Dalam sambutannya, Tri Teguh Widyantoro, S.Kep.Ns, Kepala Seksi Penunjang Medis dan Non Medis RSI Wonosobo mengharapkan kegiatan ini dapat memberi motivasi kepada para pasien unit HD di rumah sakit tersebut.
 
"Pasien di sini tidak hanya berasal dari Wonosobo, tapi juga Banjarnegara dan sekitarnya, semoga dengan adanya silaturahmi komunitas ini dapat memberikan motivasi kepada pasien dan pendamping bahwa pasien HD juga bisa beraktivitas normal, travel, dan lain-lain"
 
Sementara, dalam kunjungan ini juga diketahui bahwa Kebijakan BPJS yang baru berupa dihapusnya rujukan berjenjang untuk unit hemodialisa dari FKTP belum berlaku di Wonosobo. Hal ini diungkapkan Najjah Khurmaen, S.Kep, Kepala Unit HD RS PKU Muhammadiyah, "Belum ada informasi dari BPJS untuk perubahan kebijakan ini."
 
Kegiatan ini didukung pula oleh Komunitas Wonosobo Sehat yang merupakan komunitas yang aktif mengkampanyekan tentang kesehatan di Kabupaten Wonosobo.
 
Diharapkan Tangkas, akan terbentuk Komunitas Pasien Cuci Darah se-Kabupaten Wonosobo supaya informasi dan edukasi tentang gagal ginjal kronis dapat dilaksanakan dan kualitas hidup pasien cuci darah di Wonosobo meningkat.
Copyright © Pemerintah Kabupaten Wonosobo. All rights reserved.