Jurnalisme Warga

A+ A A-

Hari Pungut Sampah Internasional, Papelink Gandeng Lintas Elemen Bersihkan Pasar Induk

Rate this item
(0 votes)

Paguyuban Penggiat Lingkungan (Papelink) ASRI Wonosobo memperingati Hari Pungut Sampah Internasional 2019 dengan membersihkan kawasan Pasar Induk dan seputaran Masjid Jami’, bersama sejumlah elemen masyarakat, Jumat (27/9) lalu. Diharapkan, dengan kegiatan yang diikuti pula oleh Aparat Sipil Negara dari Rutan Wonosobo beserta warga binaannya tersebut, akan mampu meningkatkan budaya hidup bersih dan peduli terhadap sampah yang ada di lingkungan sekitar. Astuti Farida, Ketua Papelink ASRI menyebut inisiatif untuk menggelar peringatan Hari Pungut Sampah Internasional mendapat dukungan dari banyak pihak.

“Untuk kegiatan aksi bersih-bersih dalam rangka HPSI 2019 kami menggandeng seitar 400 orang dari unsur TNI KODIM 0707, Wanita Hasanah Wonosobo, Dharma Wanita Persatuan, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, Pemerintah Kelurahan Wonosobo Barat, warga masyarakat Kliwonan, Paguyuban Pedagang pasar Induk, serta Paguyuban PKL sekitar alun-alun dan Bank Sampah Prajuritan Bawah,” terang Astuti ketika ditemui di sela kegiatan rutin Papelink ASRI, Rabu (2/10).

Area seputar pasar Induk, mulai dari jalan tengah di sekitar Rutan, depan Masjid Jami’, hingga taman di kawasan Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah, menurut Astuti menjadi sasaran kegiatan bersih-bersih. Dari peringatan Hari Pungut Sampah, yang secara internasional disebut sebagai World Clean Up Day tersebut, ia juga mengakui ternyata selama ini warga masyarakat banyak yang belum mengerti bahwa di setiap bulan September ada moment penting sebagai bagian dari Hari Lingkungan Hidup Dunia. “Dari aktivitas bersih-bersih di seputaran pasar tersebut, kita semua juga berharap agar masyarakat makin menyadari bahwa sampah juga menjadi problem warga dunia, yang memerlukan pemikiran bersama serta aksi nyata,” tandasnya.

(Jurnalisme Warga – Papelink ASRI Wonosobo – Astuti Farida)

Last modified onWednesday, 02 October 2019 22:40
Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /dcpartition/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /dcpartition/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659