Jurnalisme Warga

A+ A A-

PHBI Permata Hijau Bagikan 400 Paket Daging Kurban

Rate this item
(0 votes)

Hari Raya Idul Adha 1440 H menjadi momen membahagiakan bagi segenap warga RW 10 perumahan permata Hijau, Mudal, Mojotengah. Kebahagiaan dan kegembiraan warga tersebut tak lepas dari keberhasilan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) setempat menuntaskan amanah untuk menyembelih 3 ekor sapi dan 22 ekor kambing seusai pelaksanaan sholat Ied, Minggu (11/8). Bangun Setyowardoyo, ketua PHBI Permata Hijau pada Idul Adha 1440 H mengungkap kunci keberhasilan melaksanakan pemotongan hewan kurban dalam jumlah cukup besar tersebut adalah pada kekompakan warga. “Sejak mulai dari pemasangan tenda untuk pelaksanaan sholat ied di jalan utama perumahan, sampai proses penyembelihan, maupun pembagian daging hingga pembersihan kotoran dikerjakan secara bersama-sama hampir seluruh warga RW 10 ini,” terang Bangun. Tak hanya bapak-bapak saja, kekompakan dalam mendukung terselenggaranya prosesi pemotongan hewan kurban, menurutnya juga ditunjukkan kaum ibu di komplek perumahan yang baru sekitar 11 tahun berdiri tersebut.

Pihaknya sebagai panitia, diakui Bangun berupaya untuk memberikan fasilitasi secara optimal termasuk dalam mengakomodasi para sohibul qurban yang menitipkan uang, maupun yang membawa sendiri hewan kurbannya. Untuk sohibul kurban yang menitipkan uang kepada panitia, Bangun menyebut besarannya hampir sama, yaitu 2,9 Juta untuk seekor kambing, dan 3 juta Rupiah untuk kurban sapi yang dikumpulkan secara rombongan sebanyak 7 orang per ekor nya. “Alhamdulillah hingga hari terakhir pendaftaran pada 3 Agustus lalu, jumlah sohibul kurban mencapai 43 orang, dengan rincian 22 orang berkurban kambing, dan 21 orang berkurban 3 ekor sapi,” bebernya.

Agar daging kurban dapat dibagikan sedini mungkin, pihak panitia diakui Bangun sudah mempersiapkan semuanya sejak sebelum subuh, sehingga setelah sholat dan khutbah Ied warga langsung bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Dari hasil pemotongan hewan kurban warga RW 10 tersebut, panitia disebut Bangun berhasil membagikan paket daging sejumlah 400 kantong. “Sebagian besar untuk warga perumahan, dan sebagian lainnya dialokasikan untuk warga di luar komplek perumahan yang sebelumnya telah menerima kupon dari PHBI,” jelasnya.

Ketua RW 10 Perumahan Permata Hijau, Endang Hambali ketika ditemui di sela pembagian daging kurban mengaku sangat bersyukur pada perayaan Idul Adha 1440 H ini, kesadaran warga untuk berkurban semakin meningkat. Pihak panitia, diakui Endang juga sangat sigap sehingga meskipun terhitung berat, pekerjaan memotong hewan kurban hingga proses pembagian berjalan lancar. “Pemotongan hewan kurban di Permata Hijau juga sudah sesuai syariah, sehingga kita meyakini daging kurban yang dibagikan benar-benar memenuhi unsur aman sehat halal dan utuh alias ASUH, sebagaimana yang dipersyaratkan oleh pihak Dinas Peternakan Kabupaten,” tandasnya.

Last modified onMonday, 12 August 2019 09:44
Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /dcpartition/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /dcpartition/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659