Jurnalisme Warga

A+ A A-

SD Muhamadiyah Sudagaran Terima 13 Siswa Student Exchange Dari Malaysia

Rate this item
(0 votes)

SD Muhamadiyah Sudagaran Wonosobo menerima 13 siswa program pertukaran pelajar dari Sekolah Kebangsaan Parit Setongkat Muar, Johor Malaysia, Kamis (7/3). Dalam acara penerimaan yang dihelat di Pendopo Kabupaten, Kepala Bidang Kurikulum Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Muhtarom berharap para siswa yang menjadi peserta program student exchange tersebut merasakan kenyamanan di Wonosobo selama menjalani masa-masa pembelajaran. Sejumlah tempat wisata beserta kuliner khas, dikatakan Muhtarom juga siap menyambut rombongan dari Malaysia. “Ada Dieng dengan pesona sunrise di Bukit Sikunir, Telaga Menjer, serta perkebunan Teh di Tambi Kejajar, apabila menginginkan suasana alam nan sejuk, juga bisa dicoba kuliner khasnya, seperti Mi Ongklok, Buah Carica, serta potensi lain yang semoga menjadi kesan positif bagi saudara-saudara kita dari Malaysia,” jelas Muhtarom.

Sementara, Kepala SD Muhamadiyah Sudagaran, Sukaryo dalam sambutannya menyatakan siap menerima rombongan dari Sekolah Kebangsaan Parit Setongkat, Johor dengan sepenuh hati. Nantinya rombongan yang terdiri dari Kepala Sekolah, 13 guru serta 13 siswa disebut Sukaryo akan menginap di 8 rumah milik wali murid SD Sudagaran. Diharapkan dari model homestay tersebut akan terjadi silaturahim dan pertukaran budaya antar bangsa. Para siswa dari Malaysia juga diharapkan Sukaryo dapat berbaur dengan murid-murid SD Muhamadiyah Sudagaran, baik selama pembelajaran di kelas, maupun ketika menjalani penginapan di rumah tinggal sementara mereka.

Senada, Ketua PDM Wonosobo, Soleh Yahya mengaku sangat berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan Sekolah Kebangsaan Parit Setongkat kepada SD Muhamadiyah Sudagaran. Menurut Soleh, kepercayaan tersebut merupakan kehormatan bagi SD Muhamadiyah Sudagaran, serta diharapkan mampu memotivasi jajaran sivitas akademika untuk terus menambah wawasan dan keilmuan. Sampai saat ini, Soleh menyebut SDM Sudagaran masih menjadi sekolah favorit dan sarat prestasi, baik di tingkat kabupaten, Provinsi bahkan sampai ke Tingkat Nasional. Dengan digelarnya program student exchange dengan Malaysia, pihaknya berharap akan ada transfer pengetahuan dan budaya antara keduanya, sehingga selain memupuk semangat persaudaraan juga menumbuhkan semangat untuk saling mendukung demi kemajuan pendidikan di kedua sekolah.

Menanggapi keramahan jajaran pengurus PDM dan SD M Sudagaran,  Ketua Pengajaran dan Pendidikan Sekolah Kebangsaan Parit Setongkat, Lukman Bin Simon mengaku sangat terharu. Sejak dari Bandara Adisucipto Jogjakarta sampai ke Wonosobo, Lukman mengaku mendapat sambutan yang hangat dan bahkan selayak saudara. Ia berharap selama di Wonosobo akan banyak pengalaman yang dapat dipelajari untuk nantinya dibagikan di Malaysia sekembalinya mereka.

Jurnalisme Warga : Tri Utoro (PDM Kabupaten Wonosobo)

Login to post comments

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659