Seputar Wonosobo

A+ A A-

FKPPI Bantu Firman Kembangkan Usaha

Rate this item
(0 votes)

              Sosok Firman Santoso (20), pemuda difabel dari Dusun Gondang, Desa Jogoyitnan Kecamatan Wonosobo layak menjadi contoh. Kehilangan kedua tangannya pada usia sangat muda, yaitu 15 tahun tak membuat ia menyerah pada kehidupan. Setelah mendapat pelatihan keterampilan di Rehab Center (RC) Surakarta kurang lebih selama setahun, mulai pertengahan 2015 silam, kini Firman telah mampu membuka usaha sendiri. Mengandalkan kelihaiannya mengolah foto dan gambar melalui aplikasi di Komputer, Firman memberanikan diri melayani permintaan cetak foto dan photocopy di sebuah kios yang ia sewa tak jauh dari rumahnya.

              Ditemui di sela serah terima bantuan berupa seperangkat komputer dari Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI) Kabupaten Wonosobo, Kamis (13/4), Firman tampak antusias dan semangat. “Senang sekali bisa menerima bantuan berupa komputer ini, karena selama ini memang membutuhkan untuk meningkatkan kecepatan olah foto,” tutur Firman ketika ditanya perihal perasaannya setelah menerima bantuan tersebut. Ia mengaku akan berusaha lebih keras memperbaiki kualitas editing foto maupun gambar yang kini mulai mengalir dari pelanggannya. Meski hanya mengandalkan lengan yang tak lagi utuh, Firman juga tampak sangat cekatan dalam mengerjakan beberapa jenis editing foto melalui aplikasi PhotoShop yang ia kuasai sejak pelatihan di Solo.

             Perhatian dari FKPPI Wonosobo yang hadir di tempat usahanya bersama beberapa pejabat dari Koidim 0707 tersebut, menurut Firman juga memompa semangatnya untuk lebih giat bekerja dan mewujudkan cita-cita untuk bisa hidup mandiri tanpa bergantung dengan orang lain. Sempat terpuruk dan mengalami trauma hebat setelah kecelakaan yang menyebabkan ia harus menjalani proses amputasi pada kedua tangannya, kini Firman memang tampak lebih optimis menghadapi kehidupan. Inspirasi untuk terus bersemangat menjalani kehidupan ia dapat dari Almarhum Aceng Dani Setiawan yang menurutnya telah memotivasinya untuk tetap tegar, meski berada dalam keterbatasan. Ke depan, Firman mengaku ia memiliki keinginan untuk memperluas tempat usahanya.

             Pembina FKPPI Wonosobo, Agus Purnomo menyebut semangat yang dimiliki Firman selayaknya disupport banyak pihak. Pensiunan Kepala Dinas Sosial yang kini juga masih aktif di beberapa organisasi sosial tersebut juga menyebut pemberian bantuan perangkat komputer tidak seberapa karena ia memang berkeinginan melihat Firman sukses serta mampu menginspirasi orang lain. “Semoga ini menjadi penyemangat bagi Firman agar masa depannya lebih cerah, serta mampu menjadi teladan bagi kita semua,” pungkas Agus.

 

(Danang Hari Purnomo-Staf Diskotik Pemkab Wonosobo)

Login to post comments

Log in or create an account


Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659