Seputar Wonosobo

A+ A A-

Layanan Kependudukan Selesai Sehari

Rate this item
(0 votes)

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo sukses membenahi layanan. Merintis optimalisasi perangkat teknologi informasi yang dimiliki, kini pelayanan kepada masyarakat telah jauh lebih efektif dan efisien. Bila sebelumnya membutuhkan waktu sampai 10 hari untuk cetak akte kelahiran maupun pengurusan KTP elektronik, sekarang warga masyarakat cukup menunggu sehari saja. Pelaksana tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sumaedi menegaskan perihal perbaikan layanan tersebut ketika pada Kamis (13/4) ditemui di kantornya.

Selain semakin cepat, Sumaedi juga menyebut pelayanan di Dinas Dukcapil kini sepenuhnya gratis. "Pengurusan segala jenis urusan kependudukan maupun pencatatan sipil sudah tidak dipungut biaya, serta kami upayakan agar semakin efektif dan efisien," tegas Sumaedi. Hal itu, menurutnya sudah menjadi komitmen pihaknya, mengingat terpenuhinya administrasi kependudukan merupakan hak warga masyarakat. Tak hanya menyingkat waktu pelayanan, kepada setiap pemohon yang datang, Sumaedi juga mengungkap niat untuk memberikan kenyamanan lebih, seperti mengakomodasi kebutuhan parkir sampai kamar kecil bagi pengunjung.

Kepala Bidang Administrasi Kependudukan, M Nurwahid menambah, bahwa kunci efektifitas dan efisiensi pelayanan kependudukan salah satunya adalah karena kini pihaknya membuka layanan satu pintu. "Warga masyarakat yang membutuhkan pelayanan kependudukan, meliputi sekitar 20 jenis layanan kami terima di satu pintu, dengan empat operator dan satu kasir sehingga lebih singkat dibanding dulu di dua pintu," terang Nurwahid saat ditemui di ruang kerjanya bersama Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan data, Yusuf Hariyanto. Untuk keperluan pelayanan satu pintu tersebut, Yusuf mengakui aplikasi yang ada sudah cukup dan terintegrasi dengan Pusat data Kependudukan di Kementerian Dalam Negeri RI. Adanya inovasi untuk menyingkat waktu pelayanan, menurut Yusuf juga tak lepas dari tuntutan masyarakat yang tak ingin berlama-lama lagi mengurusi kebutuhan administrasi Kependudukan mereka. "Warga dulu harus datang sepagi mungkin, bahkan tidak jarang mereka ambil antrian sejak dinihari demi bisa dilayani kebutuhannya, namun kini tidak lagi, karena dengan pola baru pelayanan kami, waktu sudah semakin singkat," lanjut Yusuf. Menurutnya, layanan tersebut bahkan masih bisa dipersingkat lagi sampai hitungan jam, apabila kendala keterbatasan personel sudah bisa diatasi. "Rencana kami akan membuka 8 loket dengan 8 operator layanan ditambah 1 kasir, sehingga warga tak perlu menunggu sampai sehari," jelas Nurwahid.

Rencana tersebut sejalan dengan keinginan Sekretaris Dinas Dukcapil, Winarningsih untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan. Menurut wanita yang akrab dengan sapaan Bu Win itu, pihaknya memang tengah mengupayakan agar layanan Kependudukan bisa terus meningkat. Tak hanya menunggu, Winar juga mengaku telah menyiapkan layanan jemput bola dengan mobil keliling. "Ibaratnya Kantor keliling yang siap ditempatkan dimana saja sesuai kebutuhan masyarakat, termasuk yang berkebutuhan khusus seperti lanjut usia maupun Difabel," terang Winarningsih. Sampai ke desa yang jauh dari pusat kota, seperti Binangun Watumalang pun, Winar mengakui petugas dari Capil siap melayani. "Sepanjang terjangkau sinyal internet, maka proses sampai pencetakan bisa dilakukan di setiap lokasi," tandasnya. Pihaknya juga menegaskan bahwa meski secara jumlah peralatan masih terbatas, tidak sampai mengendurkan semangat para petugas untuk memberikan layanan terbaik kepada warga masyarakat.

Last modified onMonday, 17 April 2017 15:52
Login to post comments

Log in or create an account


Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659