Seputar Wonosobo

A+ A A-

Masyarakat Diminta Tak Ragu Laporkan Siaran Tak Bermutu

Rate this item
(0 votes)

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah meminta agar kelompok masyarakat pemantau (KMP) di Kabupaten Wonosobo lebih aktif memantau tayangan televisi maupun siaran radio, yang selama ini tidak bisa dipantau di kantor KPID. Permintaan tersebut disampaikan Setiawan Hendra Kelana, Koordinator Bidang Pelayanan Perijinan KPID  Jawa Tengah saat memberikan pembekalan kepada KMP Kabupaten Wonosobo, di ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika, Rabu (12/4). Adanya beragam jenis konten dalam siaran, baik dari televisi maupun radio diakui Hendra membutuhkan pemantauan secara lebih intensif. “Kami di KPID hanya bisa memantau selama 24 jam siaran radio maupun televisi yang bisa terjangkau di Semarang, sedangkan yang berada di daerah, seperti Wonosobo ini masyarakat kami harapkan bisa turut membantu aktif dalam pemantauan,” ucap Hendra.

Pemantauan terhadap konten siaran ditegaskan Hendra sangat perlu dilakukan, mengingat saat ini baik televisi maupun radio cenderung kurang memperhatikan sisi kualitas siaran. Banyaknya program tayangan televisi seperti sinetron yang kurang mendidik, maupun lagu-lagu bernuansa pornografi diputar di radio, menurut mantan jurnalis tersebut selayaknya dicermati. “Peran orangtua dalam upaya melindungi anak-anak dari paparan siaran tidak mendidik tersebut penting, bahkan sekarang beberapa provider televisi berbayar sudah menyertakan fitur kunci untuk program-program tak layak tonton oleh anak-anak,” beber Hendra lebih lanjut.

Selain menyelamatkan anak-anak agar tak terkena dampak negatif siaran TV dan radio, pemantauan acara dikatakan Hendra juga berfungsi sebagai kontrol oleh masyarakat, agar pihak penyedia program lebih selektif dalam menayangkan program mereka. Begitu pula bagi insan pelaku di industri televisi dan radio, seperti seniman, penyiar hingga reporter berita pun menurut Hendra akan semakin berhati-hati ketika menjalankan peran mereka, karena adanya fungsi kontrol beragam kalangan.

Kedatangan KPID Jawa Tengah ke Wonosobo dalam rangka memberikan pembekalan kepada kelompok masyarakat pemantau, diakui Sekretaris Dinas Kominfo Dwiyama SB menjadi media diskusi menarik. Sebagian masyarakat, menurut Dwiyama memang kurang memperhatikan kepentingan mereka terkait pemantauan terhadap beragam tayangan di media elektronik seperti televisi dan radio. “Ini sebagai upaya untuk mengingatkan kembali bahwa kita sebagai masyarakat memiliki hak untuk memberikan kritik maupun saran terhadap penyelenggara siaran yang dinilai tak layak dengar maupun tonton,” tegasnya. Karena itulah, sebagaimana Hendra, pihaknya di Diskominfo juga berupaya mendorong kesadaran masyarakat, terutama di kelompok pemantau agar lebih intensif dalam memperhatikan konten siaran yang dipublikasikan secara luas, agar terhindar dari dampak negatifnya.

 

Wonosobo, 12 April 2017 – Dinas Komunikasi dan Informatika

Login to post comments

Log in or create an account


Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 656

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/sobokab/website/libraries/joomla/filter/input.php on line 659